Wednesday, May 22, 2013

Bertemu Railfans

Tidak seperti biasanya, sore ini aku pulang kuliah naik kereta api bersama sahabatku Nunung. sebelum naik kereta, kita sepakat untuk tetap terjaga di dekat pintu gerbong kereta, karena kita dapet tiket yang tanpa tempat duduk. Tapi kebetulan pas lagi ngintip kursi deket pintu tengah, ada yang kosong. Dengan sigap langsung ambil tempat duduknya, dan alhamdulillah itu yang punya tempat duduknya masih saudara kampung.
Selang beberapa waktu, ada seorang gadis yang menghampiri kita. Dan ternyata tempat duduk yang kita dudukin itu milik mereka. Tapi teman laki-lakinya mengalah untuk kita. Terima kasih teman..
Perjalanan dikereta sangat menarik ketika aku mulai mengajak bicara seorang gadis yang masih mahasiswa semester akhir di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Secara usia, dia masih adik tingkatku.
Gadis itu terlihat mantab dan berkarakter kuat dilihat dari cara dia bercerita dan menatap mata lawan bicaranya, dia baru saja melakukan perjalanan dari Surabaya ke Blitar dan saat bertemu kami di kereta, dia sedang dalam perjalanan pulang dari Blitar menuju kost an nya di Surabaya. Pada satu hari itu, tepatnya di hari minggu, mereka berdua sedang melakukan perjalan sebagai komunitas "RailFans", yaitu salah satu komunitas pecinta kereta api. Petualangan mereka hari itu awalnya terlihat sangat geje. Seperti tidak habis pikir, buat apa mereka melakukan perjalanan SBY-BLTR kemudian BLTR-SBY dalam satu hari, dan bisa dikatakan mereka berada dikereta seharian. Ternyata misi Railfans adalah mencari tahu tentang gerbong-gerbong kereta api yang terbaru dan lokomotif keluaran baru. Mereka memotret gerbong tersebut dan meng-upload-nya untuk memberi informasi kepada para pecinta kereta api dan lokomotif lainnya melalui media sosial.
Setelah berbincang cukup jauh, aku masih belum terlalu mengerti apa fungsi dan manfaat dari Railfans ini. Dan salah satunya adalah dengan adanya komunitas ini, mereka bisa membantu teman-teman meraka yang akan melakukan mudik dengan memberi tahu tentang harga tiket kereta ter-update, jadwal keberangkatan kereta dan sisa tempat duduk.
meskipun kesannya seperti komunitas "geje", tapi mereka mempunyai misi yang luar biasa bukan hanya untuk lingkup Railfans sendiri, melainkan juga untuk teman-teman mereka.
give the best act Railfans!!

No comments:

Post a Comment