Thursday, November 21, 2013

Ringkasan 3rd ISS

Hari selasa, 12/11 telah diselenggarakan 3rd International Scholarship Seminar di Universitas Brawijaya Malang tepatnya di gedung widyaloka. seminar tersebut rutin diselenggarakan tiap tahunnya untuk memberi informasi pada mahasiswa yang ingin goes to aboard with a scholarship. saat itu saya sangat tertarik mengikuti seminar ini karena disini juga terdapat pameran pendidikan luar negeri, selain itu juga ada sesi sharing para alumnus dari setiap program beasiswa. Awalnya saya sangat minder, mengingat hanya saya dan teman saya yang merupakan peserta umum ( dari luar UB ). Tapi saya cukup percaya diri dengan menunjukkan keantusiasan kami untuk terus mengikuti seminar ini sampai selesai.
sesi promo pertama diisi oleh alumnus yang baru datang dari eropa dengan program beasiswa "Erasmus Mundus", untuk program beasiswa ke Uni Eropa ini baru pertama kali saya dengar, dan terlihat sangat menarik dengan cerita-cerita yang mereka sajikan. Hal menarik dari EM yaitu, kita bisa kuliah menggunakan beasiswa EM di lebih dari 3 negara di Eropa tanpa harus menggunakan visa tiap kali pindah ke negara lain dalam Uni Eropa. Perpindahan itu bisa dilakukan disetiap semester. WOW!!...Dan Erasmus Mundus merupakan beasiswa bergengsi ke Uni Eropa.
Sesi promo ke dua diisi oleh salah satu promotor dari Dirjen Australia, beliau menginformasikan tentang the big scholarship in AUS is ADS. Or you can find the information in www.australiaawardsindo.or.id. kemudian disusul oleh Bu Yuli perwakilan dari IDP yang menyajikan shcolarship tricks for students. Diantaranya yaitu:
1. Get to know the scholarship and its period time.
2. Show that you are the best candidate ( CV, reference, short essay, interview )
3. Write your personal statement concisely, using good and sufficient English grammar.
4. Improve you English.
5. Set GOALS
6. PRAYING, PRAYING, PRAYING.

Then, the third session come from Education USA, pada prinsipnya masih sama dengan program shcolarship yang lain. Tapi disini lebih ditekankan dengan pemilihan jenis visa yang tepat. Macam-macam visa:
a. Visa J-1   : for exchange program student since studying. Visa ini tidak bisa digunakan untuk kerja partime.
b. Visa M-1 : for profesional student.
c. Visa F-1  : for general student ( can working til 20hours a week )
Program beasiswanya bisa dipilih antara Fulbright atau AMINEF. bisa juga di search educationUSA.or.id.

sesi ke-empat dan ke-lima di isi oleh promotor dari Jepang dan Taiwan. Untuk program Japan Scholarship menurut saya lebih rumit, karena siswa di syaratkan untuk mengikuti EJU yang diadakan langsung oleh masing-masing sekolah dari Jepang. Visit the website for further information about Japan http://www.jasso.go.jp/ryugaku/ and further information about Taiwan scholarship in this facebook Taiwan Education Center Indonesia.

Dari sekian banyak program beasiswa yang mereka tawarkan, syarat terpenting untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah nlai TOEFL ITP dan IBT. Pertimbangan selanjutnya yaitu motivation letter, hal-hal yang membuat para siswa pantas untuk mendapatkan beasiswa dan apa motivasi mereka untuk goes to aboard diceritakan lebih spesifik semua disini secara singkat dan jelas.
furthermore, im really satisfy for coming here. thanks ISS :)





No comments:

Post a Comment