Friday, July 6, 2012

Happy Anniversary 28th

Bapak dan Bunda

Ini adalah artikel special di hari yang special buat dan khusus aku dedikasikan buat diriku sendiri, mas Andre dan of course buat Bapak dan Bunda. 
unyu unyu
Bundaku cantik
Today 7th july 2012 adalah anniversary pernikahan Bapak dan Bunda yang udah berusia 28 tahun. Usia pernikahan yang udah cukup matang, dan Alhamdulillah di usia pernikahan ini Bapak dan Bunda masih diberi kesehatan oleh Allah. Gag gampang buat kami sekeluarga berada di usia yang lewat seperempat abad ini, mengingat begitu banyak cobaan yang menerpa kelurga kami dari masalah yang kecil hingga mengancam kehancuran keluarga kami. Aku bersyukur punya kelurga yang solid, konsisten dan punya kesetiaan yang tinggi sehingga berapapun besarnya cobaan itu kita masih tetep survive. Aku salut banget sama kesetiaan beliau, kata Bunda sejak SMP udah pacaran sama Bapak dan yang paling WOW, sekalipun mereka gag pernah putus loh sampe akhirnya mereka menikah. Keren kan?? Pengen dong kayak gitu...Bunda bilang “ gag usah lah gonta-ganti pacar, kalo adek udah yakin mulailah belajar untuk setia. tapi jangan berikan cinta itu sepenuhnya sebelum adek punya hubungan sah secara islam”.. Happy anniversary Bunda dan Bapak. We love you more than anything :*

Monday, July 2, 2012

Abis terang *jlep

finally...weekend come in the right time, when im holiday in this semester and when i was get my salary.perfecto!!  
pilihan pertama adalah goes to Bromo,dan GAGAL tanpa alasan. sangat disayangkan. mengingat seumur hidup aku belum pernah sama sekali pergi kesitu. kasian banget aku yah??...seharusnya sih aku udah pernah kesana pas pergantian tahun kemaren, tapi karna Bunda bener2 gag rela dan gag ridho anak gadis satu2nya ini kenapa2, meskipun berbagai cara udah dilakukan temen2 buat dapat izin tulus dari Bunda tetep aja gagal. kedatangan sekelompok geng motor di pagi buta gag bisa mencairkan izin tulus itu. dan akhirnya aku pergi ke kampus.pinter 
pilihan kedua jatuh ke pantai, Tanjung Papuma 'LAGI' dan GAGAL LAGI dengan alasan yang annoying banget ditelinga ku. dan gag akan aku bahas.maaf 
pilihan ketiga sangat bikin aku exciting banget yaitu ke Madakaripura, cuma air terjun sih..tapi WOW banget!! itu versiku setelah liat diinternet.hehe...imajinasiku bener2 main liat gambar diinternet, dan emang bener kata temen2 yang udah pernah kesana air terjunnya bagus banget,banyak banget dan nyampe ke air terjunnya juga jalan jauh banget :( . tapi ini perlu di coba. dan tidak untuk sekarang, itu berarti planing ketiga lagi2 GAGAL. 
madakaripura
dari pada mubadzir nyari tempat holiday yang ujung2nya juga gagal, mending aku nonton. sendirian gag apa2 deh, yang penting bener2 liburan. 
eh ga nyangka, banyak yang mau ikut nonton juga.capcuuuuuus!!! satu2nya film yang bagus dan ellite cuma Madagaskar 3, langsung beli 5 tiket tanpa liat HTM weekend, alhasil sempet melotot didepan kasir. untung mbak kasirnya gag nyangkain kita hantu minta tiket gratis... 
filmnya men...seruu, kocak, keren abis deh.Bener kan dugaanku,ini film emang ellite. sampe gag nyadar kalo aku ngakaknya paling keras saat itu. 
tapi tiba2 ditengah film kok aku mulai ngerasa gag enak banget ya sama ni perut. ah...cuekin aja. ngakak lagi :) 
filmnya udah mau selesai aku udah bener2 gag kuat sama sakitnya, yaudah tidur aja... 
'bangun dev, udah selesai filmnya' kata mbak Marita.. 
aku masih males ngomong, tepatnya sih gag kuat ngomong, tapi akhirnya aku bilang 'perutku sakit banget mbak' sambil meringis.. 
trus akhirnya aku dibopong keluar bioskop..udak keliatan tulisan EXIT, aku keluar rasanya lagi ngeliat lampu petromaks didepan kelopak mata,terang banget trus tiba2 gelap. 
seingetku,aku masih jalan tapi gag tau kemana... pas buka mata, udah ada di foodcourt dengan posisi terlentang, perut berasa panas dengan bau2 seperti remason. dan anehnya mulut ku rasanya pait banget, ini aku abis dikasi apaan sih??kayak jamu..aneh 
'dev,devi...kamu udah ga papa kan?' ujar nunung yang lagi duduk disebelahku.. 
'emang aku kenapa?filmnya udah selesai ya?eh...kok bau remason sih?siapa yang lagi masuk angin?' tanya ku tanpa sadar.. 
bukannya pada jawab pertanyaanku, mereka berlima malah ngetawain aku.sial 
'apaan sih??udah ah..aku laper..pesenin nasi goreng 69 dong' 
'dasar innocent, ketawa paling keras malah pingsan tanpa pamit.nyusahin kita tauuuk!!!' 
'hah?siapa yang pingsan?' 
'noh satpam penunggu toilet'...

Thursday, June 14, 2012

**cecemburuuuu...

Buka-bukaan hayuuuuuk :) 
Awalnya gue penasaran dengan tingkah cewe yang lagi cemburu sama cowoknya. Gila sist...udah kaya detectiv nih cewe. Jadi ceritanya ini cewe tuh lagi pegang HP cowo nya. Dan tiba2 ini cowo dapet sms dari mantan gebetannya. “sayang, neh ada sms dari gebetanmu dulu”. Trus cowonya bilang “ bales aja yank”. “gag mau, dia kan sms kamu”. Dari sini Cewe nya udah mulai curiga ne dengan tingkah cowonya dulu pas masih sama gebetannya. Dan penyelidikan dimulaiiii..... 
Truuuuut...(flashback menuju relung hati cewe)#heeek!! Pas dulu gue lagi bikin tugas bareng temen gue tuh Cika (nama gebetan disamarkan) gag ikut, temen gue bilang Cika lagi ada perlu. Tapi tapi...kemaren cowo gue cerita pernah jalan sama Cika saat gue lagi kerja kelompok. Jangan2 emang bener pas hari itu mereka berdua jalan bareng?(*yaiyalah,udah jelas2 cowo lu cerita). Mereka ngapain aja yah??(*kalo cowo lu ngasih tau mereka ngapain aja, gue yakin lu pasti putus detik itu juga) Trus cowo gue juga pernah cerita kalo mereka masih sering telponan. Gue sih ga apa2 (*gue yakin, saat lu bilang ga apa2 dalam hati pengen nikam ni cewek kan). Pantesan kalo malem gue telpon kadang sibuk (*lagi di telpon emak nya kalee). Waktu cowo gue nggebet Cika tuh tanggal berapa ya? Selisih berapa bulan dengan tanggal jadian gue? (*kebiasaan cewe, tanggal itu penting. Tapi buat gue tanggal gajian jauh lebih penting. Dan jawabannya gue gag tauuk berapa selisih tanggal kalian berselisih). 

Cewe tuh kalo lagi kumat anehnya emang suka ngerepotin tetangga. Pertanyaan2 yang gag masuk akal pada berterbangan bersama bintang2 mengelilingi kepala. Masalah cowo aja diribetin, skali2 cewe bikin cowo ribet kek... 

Ada lagi nih yang lebih parah..”gara-gara cemburu, cewe minum racun serangga".Haduuuuuh...parah banget sist. Lu lupa yah kalo jus alpukat itu jauh lebih nikamat??jus wortel yang di mix dengan jus tomat ituh lebih segar dengan hiasan buih putih yang keliatan lebih lezat dari pada buih putih yang keluar dari mulut lu yang kena racun itu....kalo udah menyangkut nyawa gini, pasti ne cewe gag sempet jadi detective. sempit amat pemikiran dia,,niat hati pengen ngebuktiin cintanya yang sebesar gajah ini sama cowo nya dengan mempertaruhkan nyawa. mana percaya tuh cowo, jelaslah...ne cewe gag bisa menyayangi dirinya sendiri, trus gimana dia bisa nyayangi cowo nya??

Friday, June 8, 2012

singkat

sebenernya gue paling benci dengan sesuatu yang tiba2 datang dalam hidup gue..ngeri kalo inget2 dulu. sesuatu yang udah hampir ditangan tiba2 kabur dan pindah tangan ke orang lain. dan parahnya gue malah nyalahin diri gue sendiri.... karma??? *amit-amit gue percaya takdir, kalo karma?? mungkin ada..tapi kalo lo percaya karma sama aja lu bunuh pikiran lo sendiri dengan kesalahan masa lalu lo yang suram.

WBL tralalalala

YENI-CICI-AKU
Harapanku di long weekend ini adalah liburan bersama temen2 SMA. Tapi rencana yang udah kita list kan beberapa bulan yang lalu ternyata gag seindah yang kita planingkan sebelumnya. Well, in may 18th 2012 kita belima berangkat ke lamongan tepat pukul 7.30am dengan jadwal keberangkatan 5.30am. emang yaaah generasi Indonesia tuh tetep memegang teguh prinsip molor dari nenek moyang.haha “cici...cici..cici....” “kemana sih ni orang? Di sms gag dibales, miscall ni gag diangkat2 juga” gumamku sambil letakkin hape deket telinga. “kreeeek,,klutak klutak...hehehe..eleeek,aku telaat!!!” kepala cici muncul dari balik pintu kaca rumah ijo nya. “haaaaapppppah?? Kemaren nyuruhnya datang jam 5pagi, ternyata elu masih ngiler” “maap lek, semalem abis liat uji nyali sama adek ku. Gag mau tidur dia tanpa aku”. “aku madi dulu yah?” “cepetaaaaan!!!” 5menit, 10 menit “rorow mana sih, gag dateng2 jg ni anak?” “tiuituiiiit” sms masuk “otw ne”.sms dari rorow...... “udah lama disini neng?” sapa rorow sambil ikut duduk diayunan depan rumah cici. “udah dari tadi” jawabku sambil manyun.. 


Yang udah tau planing keberangkatan kita tuh banyak, ada pras, evi, opi, riza. Tapi yang ikut cuma kita ber4 doank..rorow cowok sendiri loh.awalnya.... Kecewa banget dia pas tau kalo dia satu2nya cowok yang ikut selain sopir. Dikiranya kita pada ngibulin dia.hahaha.....mana dia udah korban cuti dari kerjaannya.kasiaaaaaaan^^ Tapi setelah kita jemput si Yeni, mata Rorow tiba2 langsung berbinar2 ketika Yeni bilang mau ngajakin cowoknya. Namanya Miftah, dia temen SMA ku juga. “Miftah gag usah diajakin wes rek yah??aku wes dapet jatah uang saku dari dia,jadi kalo dia gag ikut aku gag khawatir” “yah Yen....ajakin ajalah, masak aku cowok sendiri?? Gila aja? “ rayu Rorow... “gag usah deh,,dia gag ada duit, soalnya duitnya lagi ada di aku.haha” Dasar si Yeni, tetep aja dari dulu..... Sopir akhirnya ngambil arah puter balik buat jemput Miftah. Kita nungguin sebentar dari dalam mobil, dan akhirnya cowok Yeni dari jaman SMA ini nongol juga dengan rambut ala koreanya.

INI MIFTAH & ROROW
 Makin rame didalem mobil, coba kalo temen2 yang lain pada ikut, pasti bakalan lebih rame. But its oke, 5 more better then nothing...ngelesss!! Abis cerita2 banyak hal, tentang kuliah, temen2 jaman SMA, masa depan ( aku harap cerita yang satu ini bukan hanya sekedar mimpi yang seklebetan lewat saat itu aja, tapi beneran bakal jadi nice future for our live. Cici jadi Menkeu, aku jadi Menlu, Yeni jadi Mendiknas, Rorow jadi Menkominfo. Kalo Miftah mungkin bakal jadi suami yang sholeh buat Yeni.hahaha ). Semuanya terangkum indah dalam perjalanan menuju Lamongan. Hamparan air laut udah mulai terlihat disisi jalan, tak lama kemudian replika kepiting besar udah kita jumpai. Yaaaah....selamat datang di Wisata Bahari Lamongan. Parkir mobil dulu diarea parkir yang agak adem, trus kita turun deh beli tiket buat ber5. yuuuuuuuuk......... “toilet mana ya rek???” kata Rorow.. “tuh, sebelah kanan loket karcis. Aku juga mau ke toilet deh. Dandan dulu” ikut Yeni.. Ternyata aku punya temen yang doyan ke toilet juga. Bukan untuk dandan..tapi untuk buang hajat kecil.hahaha. Yaaak...ini dia si Rorow. Cowok yang suka minum air putih dan suka bolak-balik ke toilet.huahahaha.... Agak beda sih....pertama kali dulu kesini sama temen2 kerja, sekarang sama temen2 SMA di hari yang tepat. Yaitu panas >.<.....inilah lamongan. 
DERMAGANYA YAHUUUUUT!!



Dari depan pintu masuk udah mulai deh jeprat-jepret meski mata udah silau karna menghadap ke matahari. Well...kita mulai perjalanan dari rumah kucing. Peta tuh penting banget disituasi kayak gini, biar waktu gag kebuang sia2 buat nyariin the next game-nya. *berasa jadi Dora Yaag..rumah hantu emang gag pernah terlewatkan, kecuali untuk Miftah *ssst..dia takut loh!!!. Smua permainan kita cobain. Ada jet coaster, drop zone, bom2 car, paus dangdut, crazy car (sempet trauma saat pertama kali naik ini, tapi karna diancam bakal ditinggalin dilamongan kalo gag mau naik jadi terpaksa deh gag jadi trauma), rumah boneka, berburu, nonton bioskop 3D, etc deh...yang terlewatkan Cuma sky master, sory deh...aku gag mau mati jantungan gara2 naik wahana ini. Dan perjalanan kita berakhir di rumah air...basah smua.hahaha Sangat melelahkan perjalanan ini, tapi yang bikin sangat lelah tuh karna kebanyakan teriak. Tapi kayaknya Cuma aku doank yang suaranya eksis dismua wahana. Brasa serak banget nyampe rumah. Dan emang ini yang bikin puas bareng mereka, meski awalnya punya dana mepet but the show must go on  Kebersamaan ini sangat aku rindukan..

Sunday, June 3, 2012

short time 'expensive'

keinginan aku untuk melangkahkan kaki ke joga, udah bener2 kesampean..tepatnya 5th april,2012 seneeeeng banget!!! dan yang paling aku seneng pas mas Andre bener2 punya waktu buat mas Andre nemenin aku sama Mas TrisMas Tris. rame2 sih...bareng sama temen2nya mas Andre dan pacarnya *eheeemmm perjalanan yang sangat panjang buat aku..dari rumah mesti ke surabaya dulu, nyampe di Madiun udah tengah malem aja nih. langsung dijemput deh sama mas Andre dan ustadz Anwar. menelusuri dinginnya jalanan kota Ponorogo yang sangat lengang di dini hari. kabutnya...dingin brooo!!! mampir ke [ondok putri bentar buat jemput ustadzah Rida ( red: pacarnya mas Andre) dan ustadzah Umdah (*lupa-lupa inget nama ustadzah yang satu ini). capcus ke wonogiri ne jemput ustadz Anton,,beeeeeh jalannya kayak obat nyamuk. pusing deh, mana diluar masih gelap lagi. untungnya bang Anton udah hafal banget tinkungan2nya. *good job bro tarrrraaa...nyampe dijogja nih. udah keliatan tuh candi prambanannya. tapi mata masih berasa sepet banget. lapeeeer mas >.<
silver???
ini kitaudah nyampe di Paris (red: parang tritis), panas beuth tapi untungnya tempat ini masih sepi, jadi bisa bebas....lariiiii. karna keterbatasan waktu..gag banyak sih tempat yang kita kunjungin. yang pasti Malioboro
masih di paris
disini cuma nyari oleh2 bentar, foto2, masuk vredenburg tembus ke taman pintar, sholat dan kembali ke mobil...singkat banget perjalannya. eittss...masih belum selesai. kita capcus ke solo.....kayaknya ustadzah Umdah lagi mau skripsi, sibuk banget dia nyari buku di bookfair solo, murah2 banget disini. 
cuma milih2 doang kok..

muter2 lamaaaa banget.tapi hasilnya NIHIL. lanjooot lagiii....misi tetep sama, yaitu nyari buku. dan finally nemu juga di gramed Sukoharjo. petualangan yang singkat dan panjang #LOL

masalah klasik GaLi


Woiiiii...siapa sih yang gag tau gang doli?? Aku rasa hampir semua orang tau lah tempat apa sih gang doli itu. Yah...sebuah gang kecil di bantaran kota surabaya ini marak menjadi perbincangan hot issue saat ini. Tempat prostitusi terbesar se-Asia ini kabarnya udah gag mau menerima pendatang baru lagi. Dan kabar baiknya, gang doli perlahan akan ditutup. (*hopefull)
Gang doli merupakan kampung kecil yang dipenuhi wisma2 untuk para pemuas nafsu. Dipagi hari mereka hidup biasa, tapi menjelang malam gang ini mulai ramai dengan dentuman suara musik yang keras beserta lampu gemerlapnya. Kebanyakan para pekerjanya berusisa muda, yang pastinya cantik. Miris deh ngeliat generasi muda Indonesia itu, para Kartini muda yang memutuskan untuk menjadi (maaf) PSK. Gue gag tau sih alasan mereka memilih jalan ini tuh apa? Yang jelas apapun itu alasannya, baik dari tekanan ekonomi atau apalah, menurut gue ini bukan jalan satu2nya untuk mendapatkan glory yang mereka impikan.
Mengingat gang doli ini adalah sebuah ‘kampung’, gag menutup kemungkinan disini juga hidup anak2 kecil yang masih sangat labil dengan pengaruh lingkungan disekitarnya. Ironi banget kehidupan adek2 kecil disini. Diumur yang belum matang, mereka harus hidup diantara kerasnya kehidupan malam di Gang Doli. Bahkan sempet ditemukan kasus anak SD kelas 6 udah hamil. Bisnis esek-esek ini emang gag memandang umur, banyak anak2 dibawah umur yang sudah dipekerjakan oleh para mucikari dengan bayaran yang gag setimpal. Gag adil banget kan masa depan adek2 kecil ini dipertaruhkan dalam satu malam dengan imbalan beberapa lembar uang kertas?? Hanya dengan satu malam!!! kalo gue dikasi kesempatan untuk bersuara, “adeek...plissss, pikirkan keputusan kamu baik2, kamu bisa dapetin bejuta2 kali lipat uang kertas yang kamu dapetin sekarang dengan sekolah yang tinggi, dengan pendidikan yang bakal nganterin kamu ke gerbang kesuksesan dimasa depan yang bakalan lebih gemilang lagi. Banyak yang harus kamu raih, banyak yang akan kamu ciptakan dengan ide2 cemerlang kamu”.
Pemerintahan kita emang bener buta!! Buat apa mereka capek2 membuat rancangan pendidikan gratis 12 tahun, buat apa mereka mengadakan perpustakaan keliling? Smua itu hanya bualan...mereka dulu mikir gag sih, akibat mereka ikut meresmikan Gang Doli sebagai tempat prostitusi ini dampaknya apa buat anak2? Di satu sisi mereka merintis berbagai cara untuk mencerdaskan generasi bangsa, tapi disisi lain mereka juga merusak generasinya sendiri dari dalam. Mungkin kasus ini bakalan dipandang sebelah mata doank,,mengingat mereka lagi sibuk untuk mencari peluang, proyek mana yang akan mereka porotin lagi. harusnya kita bangga kalo generasi kita punya mutu premium,bukannya bangga karna indonesia memiliki tempat prostitusi terbesar se-Asia. Taruh dimana otak mereka??? Punya tempat prostitusi kok bangga, kalo gue malah sibuk nempatin muka, taruh dimana muka gue?? Scara men, gue malu kota gue ada tempat begituan.
Harapan gue Cuma satu, lindungi adik2 gue pak presiden. Mereka tuh aset negara.

*amaliaSTAR

Wednesday, May 16, 2012

CTL


Permasalah terbesar yang dihadapi para peserta didik sekarang (siswa) adalah mereka belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan. Hal ini dikarenakan cara mereka memperolah informasi dan motivasi diri belum tersentuh oleh metode yang betul-betul bisa membantu mereka. Para siswa kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis (seperti konsep-konsep matematika, fisika, atau biologi), karena metode mengajar yang selama ini digunakan oleh pendidik (guru) hanya terbatas pada metode ceramah. Di sini lain tentunya siswa tahu apa yang mereka pelajari saat ini akan sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa datang, yaitu saat mereka bermasyarakat ataupun saat di tempat kerja kelak. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang benar-benar bisa memberi jawaban dari masalah ini. Salah satu metode yang bisa lebih memberdayakan siswa dalah pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sistem pembelajaran yang cocok dengan kinerja otak, untuk menyusun pola-pola yang mewujudkan makna, dengan cara menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini penting diterapkan agar informasi yang diterima tidak hanya disimpan dalam memori jangka pendek, yang mudah dilupakan, tetapi dapat disimpan dalam memori jangka panjang sehingga akan dihayati dan diterapkan dalam tugas pekerjaan.

CTL disebut pendekatan kontektual karena konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat.

Menurut teori pembelajran kontekstual, pembelajaran terjadi hanya ketika siswa (peserta didik) memproses informasi atau pengetahuan baru sedemikian rupa sehingga dapat terserap kedalam benak mereka dan mereka mampu menghubungannya dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar mereka. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa pikiran secara alami akan mencari makna dari hubungan individu dengan linkungan sekitarnya.

Berdasarkan pemahaman di atas, menurut metode pembelajaran kontekstual kegiatan pembelajaran tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas, tapi bisa di laboratorium, tempat kerja, sawah, atau tempat-tempat lainnya. Mengharuskan pendidik (guru) untuk pintar-pintar memilih serta mendesain linkungan belajar yang betul-betul berhubungan dengan kehidupan nyata, baik konteks pribadi, sosial, budaya, ekonomi, kesehatan, serta lainnya, sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.

Dalam linkungan seperti itu, para siswa dapat menemukan hubungan bermakna antara ide-ide abstrak dengan aplikasi praktis dalam konteks dunia nyata; konsep diinternalisasi melalui menemukan, memperkuat, serta menghubungkan. Sebagai contoh, kelas fisika yang mempelajari tentang konduktivitas termal dapat mengukur bagaimana kualitas dan jumlah bahan bangunan mempengaruhi jumlah energi yang dibutuhkan untuk menjaga gedung saat terkena panas atau terkena dingin. Atau kelas biologi atau kelas kimia bisa belajar konsep dasar ilmu alam dengan mempelajari penyebaran AIDS atau cara-cara petani bercocok tanam dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Dengan menerapkan CTL tanpa disadari pendidik telah mengikuti tiga prinsip ilmiah modern yang menunjang dan mengatur segala sesuatu di alam semesta, yaitu: 1) Prinsip Kesaling-bergantungan, 2) Prinsip Diferensiasi, dan 3) Prinsip Pengaturan Diri.

Prinsip kesaling-bergantungan mengajarkan bahwa segala sesuatu di alam semesta saling bergantung dan saling berhubungan. Dalam CTL prinsip kesaling-bergantungan mengajak para pendidik untuk mengenali keterkaitan mereka dengan pendidik lainnya, dengan siswa-siswa, dengan masyarakat dan dengan lingkungan. Prinsip kesaling-bergantungan mengajak siswa untuk saling bekerjasama, saling mengutarakan pendapat, saling mendengarkan untuk menemukan persoalan, merancang rencana, dan mencari pemecahan masalah. Prinsipnya adalah menyatukan pengalaman-pengalaman dari masing-masing individu untuk mencapai standar akademik yang tinggi.

Prinsip diferensiasi merujuk pada dorongan terus menerus dari alam semesta untuk menghasilkan keragaman, perbedaan dan keunikan. Dalam CTL prinsip diferensiasi membebaskan para siswa untuk menjelajahi bakat pribadi, memunculkan cara belajar masing-masing individu, berkembang dengan langkah mereka sendiri. Disini para siswa diajak untuk selalu kreatif, berpikir kritis guna menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Prinsip pengaturan diri menyatakan bahwa segala sesuatu diatur, dipertahankan dan disadari oleh diri sendiri. Prinsip ini mengajak para siswa untuk mengeluarkan seluruh potensinya. Mereka menerima tanggung jawab atas keputusan dan perilaku sendiri, menilai alternatif, membuat pilihan, mengembangkan rencana, menganalisis informasi, menciptakan solusi dan dengan kritis menilai bukti. Selanjutnya dengan interaksi antar siswa akan diperoleh pengertian baru, pandangan baru sekaligus menemukan minat pribadi, kekuatan imajinasi, kemampuan mereka dalam bertahan dan keterbatasan kemampuan.

Kembali ke konsep tentang CTL. Dalam pembelajaran kontekstual guru dituntut membantu siswa dalam mencapai tujuannya. Maksudnya adalah guru lebih berurusan dengan strategi dari pada memberi informasi. Di sini guru hanya mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja sama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi siswa. Kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih menekankan Student Centered daripada Teacher Centered. Menurut Depdiknas guru harus melaksanakan beberapa hal sebagai berikut: 1) Mengkaji konsep atau teori yang akan dipelajari oleh siswa. 2) Memahami latar belakang dan pengalaman hidup siswa melalui proses pengkajian secara seksama. 3) Mempelajari lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa yang selanjutnya memilih dan mengkaiykan dengan konsep atau teori yang akan dibahas dalam pembelajaran kontekstual. 4) Merancang pengajaran dengan mengkaitkan konsep atau teori yang dipelajari dengan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki siswa dan lingkungan hidup mereka. 5) Melaksanakan penilaian terhadap pemahaman siswa, dimana hasilnya nanti dijadikan bahan refeksi terhadap rencana pemebelajaran dan pelaksanaannya.

Kurikulum dan pengajaran yang didasarkan pada strategi pembelajaran kontekstual harus disusun untuk mendorong lima bentuk pembelajaran penting: Mengaitkan, Mengalami, Menerapkan, Kerjasama, dan Mentransfer.

MENGAITKAN: Belajar dalam konteks pengalaman hidup, atau mengaitkan. Guru menggunakan strategi ini ketia ia mengkaitkan konsep baru dengan sesuatu yang sudah dikenal siswa. Jadi dengan demikian, mengaitkan apa yang sudah diketahui siswa dengan informasi baru. Kurikulum yang berupaya untuk menempatkan pembelajaran dalam konteks pengalaman hidup harus bisa membuat siswa memperhatian kejadian sehari-hari yang mereka lihat, peristiwa yang terjadi di sekitar, atau kondisi-kondisi tertentu, lalu mengubungan informasi yang telah mereka peroleh dengan pelajaran kemudian berusaha untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan tersebut.

MENGALAMI: Belajar dalam konteks eksplorasi, mengalami. Mengalami merupakan inti belajar kontekstual dimana mengaitkan berarti menghubungkan informasi baru dengan pengelaman maupun pengetahui sebelumnya. Belajar dapat terjadi lebih cepat ketika siswa dapat memanipulasi peralatan dan bahan-bahan dan untuk melakukan bentuk-bentuk penelitian aktif.

MENERAPKAN: Menerapkan konsep-konsep dan informasi dalam konteks yang bermanfaat bagi diri siswa. Siswa menerapkan suatu konsep ketika ia malakukan kegiatan pemecahan masalah. Guru dapat memotivasi siswa dengan memberikam latihan yang realistik dan relevan.

KERJASAMA: Belajar dalam konteks berbagi, merespons, dan berkomunikasi dengan siswa lain adalah strategi pengajaran utama dalam pengajaran kontekstual. Siswa yang bekerja secara individu sering tidak membantu kemajuan yang signifikan. Sebaliknya, siswa yang bekerja secara kelompok sering dapat mengatasi masalah yang komplek dengan sedikit bantuan. Pengalaman bekerja sama tidak hanya membantu siswa mempelajari materi, juga konsisten dengan dunia nyata. Seorang karyawan yang dapat berkomunikasi secara efektif, yang dapat berbagi informasi dengan baik, dan yang dapat bekerja dengan nyaman dalam sebuah tim tentunya sangat dihargai di tempat kerja. Oleh karena itu, sanat penting untuk mendorong siswa mengembangkan keterampilan bekerja sama ini.

MENTRASFER: Belajar dalam konteks pengetahuan yang ada, atau mentransfer, menggunakan dan membangun atas apa yang telah dipelajari siswa. Peran guru membuat bermacam-macam pengelaman belajar dengan focus pada pemahaman bukan hapalan.

Menurut Depdiknas untuk penerapannya, pendekatan kontektual (CTL) memiliki tujuah komponen utama, yaitu konstruktivisme (constructivism), menemukan (Inquiry), bertanya (Questioning), masyarakat-belajar (Learning Community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (Authentic). Adapaun penjelasannya sebagai berikut:

1. Konstruktivisme (constructivism). Kontruktivisme merupakan landasan berpikir CTL, yang menekankan bahwa belajar tidak hanya sekedar menghafal, mengingat pengetahuan tetapi merupakan suatu proses belajar mengajar dimana siswa sendiri aktif secara mental mebangun pengetahuannya, yang dilandasi oleh struktur pengetahuanyang dimilikinya.

2. Menemukan (Inquiry). Menemukan merupakan bagaian inti dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual Karen pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta tetapi hasil dari menemukan sendiri. Kegiatan menemukan (inquiry) merupakan sebuah siklus yang terdiri dari observasi (observation), bertanya (questioning), mengajukan dugaan (hiphotesis), pengumpulan data (data gathering), penyimpulan (conclusion).

3. Bertanya (Questioning). Pengetahuan yang dimiliki seseorang selalu dimulai dari bertanya. Bertanya merupakan strategi utama pembelajaan berbasis kontekstual. Kegiatan bertanya berguna untuk : 1) menggali informasi, 2) menggali pemahaman siswa, 3) membangkitkan respon kepada siswa, 4) mengetahui sejauh mana keingintahuan siswa, 5) mengetahui hal-hal yang sudah diketahui siswa, 6) memfokuskan perhatian pada sesuatu yang dikehendaki guru, 7) membangkitkan lebih banyak lagi pertanyaan dari siswa, untuk menyegarkan kembali pengetahuan siswa.

4. Masyarakat Belajar (Learning Community). Konsep masyarakat belajar menyarankan hasil pembelajaran diperoleh dari hasil kerjasama dari orang lain. Hasil belajar diperolah dari ‘sharing’ antar teman, antar kelompok, dan antar yang tau ke yang belum tau. Masyarakat belajar tejadi apabila ada komunikasi dua arah, dua kelompok atau lebih yang terlibat dalam komunikasi pembelajaran saling belajar.

5. Pemodelan (Modeling). Pemodelan pada dasarnya membahasakan yang dipikirkan, mendemonstrasi bagaimana guru menginginkan siswanya untuk belajar dan malakukan apa yang guru inginkan agar siswanya melakukan. Dalam pembelajaran kontekstual, guru bukan satu-satunya model. Model dapat dirancang dengan ,elibatkan siswa dan juga mendatangkan dari luar.

6. Refleksi (Reflection). Refleksi merupakan cara berpikir atau respon tentang apa yang baru dipelajari aau berpikir kebelakang tentang apa yang sudah dilakukan dimasa lalu. Realisasinya dalam pembelajaran, guru menyisakan waktu sejenak agar siswa melakukan refleksi yang berupa pernyataan langsung tentang apa yang diperoleh hari itu.

7. Penilaian yang sebenarnya ( Authentic Assessment). Penialaian adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberi gambaran mengenai perkembangan belajar siswa. Dalam pembelajaran berbasis CTL, gambaran perkembangan belajar siswa perlu diketahui guru agar bisa memastikan bahwa siswa mengalami pembelajaran yang benar. Fokus penilaian adalah pada penyelesaian tugas yang relevan dan kontekstual serta penilaian dilakukan terhadap proses maupun hasil.

Kelebihan & Kekurangan Contextual Teaching and Learning

Kelebihan
1. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil. Artinya siswa dituntut untuk dapat menagkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional, akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa, sihingga tidak akan mudah dilupakan.
2. Pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep kepada siswa karena metode pembelajaran CTL menganut aliran konstruktivisme, dimana seorang siswa dituntun untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Melalui landasan filosofis konstruktivisme siswa diharapkan belajar melalui ”mengalami” bukan ”menghafal”.

Kelemahan

1. Guru lebih intensif dalam membimbing. Karena dalam metode CTL. Guru tidak lagi berperan sebagai pusat informasi. Tugas guru adalah mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan pengetahuan dan ketrampilan yang baru bagi siswa. Siswa dipandang sebagai individu yang sedang berkembang. Kemampuan belajar seseorang akan dipengaruhi oleh tingkat perkembangan dan keluasan pengalaman yang dimilikinya. Dengan demikian, peran guru bukanlah sebagai instruktur atau ” penguasa ” yang memaksa kehendak melainkan guru adalah pembimbing siswa agar mereka dapat belajar sesuai dengan tahap perkembangannya.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide–ide dan mengajak siswa agar dengan menyadari dan dengan sadar menggunakan strategi–strategi mereka sendiri untuk belajar. Namun dalam konteks ini tentunya guru memerlukan perhatian dan bimbingan yang ekstra terhadap siswa agar tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diterapkan semula.

Wednesday, May 9, 2012

skenario pembelajaran

bingung cara bikinnya??
bingung mau menyusun yang mana dulu???
lupain deeeh...liat contohnya disini skenario pembelajaran

Pendidikan Berkarakter


Di zaman ku saat sekolah dasar, masih ada temenku yang tidak naik kelas. Kalo zaman sekarang mungkin udah jarang ditemui adanya siswa yang tinggal kelas.
aku mulai sependapat dengan dosen ku. Bahwa sebenernya diantara kita itu gag ada yang bodoh. Kita sama2 pintar, dan harusnya dulu ataupun sekarang tidak boleh ada siswa yang tidak naik kelas. Kenapa???
Siswa itu mempunyai talenta yang berbeda. Siswa A dan siswa B tingkat kecerdasan mereka berbeda. Siswa A pintar dalam fisika sedangkan siswa B sangat jeblok di pelajaran fisika. Tetapi dia sangat pintar mengutak-atik komputer meski disekolah dia belum mendapatkan materi tentang pemrograman. Dari sini kita bisa lihat bahwa semua siswa itu berbeda karakteristiknya, jadi para pengajar harusnya lebih sensitif untuk mengetahui harus diarahkan kemana siswa ini.
Para pengajar mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter bagi para siswa, karna bimbingan merekalah siswa akan mengetahui bakat apa yang mereka miliki dan tidak perlu merasa minder apabila ia berbeda dengan teman2 lainnya, karna mereka juga memiliki kelebihan tersendiri yang bahkan bisa lebih hebat dari yang temen2 mereka miliki.
Sistem kompetensi dasar di Indonesia hendaknya bisa diperbaiki lagi dengan lebih memperhatikan siswa2 yang kurang dari teman2 lainnya yang lebih dulu mengerti akan materi yang diberikan oleh guru. Tidak perlu lagi ada yang tinggal kelas karna itu justru akan mematikan karakter siswa karena adanya rasa minder.
Di sekolah dasar inilah siswa perlahan membentuk karakter mereka, mereka butuh motivasi untuk membangun kelebihan yang mereka miliki dengan perhatian khusus dari para pengajar.

Thursday, April 19, 2012

Restorasi period


Dryden prose have the shape of literary criticism, it is not specially publised but is the companion by rhyme publised. And famous critical works is “ DISCOURSE ON SATIRE “ and “ ESSAY OF DRAMATIC POESY”.
John Evelyn ( 1620 – 1706  ) and Samuel Pepys ( 1633 – 1703 ) being famed as the prosaic, because they written the diary in daily language about Restorasi citizen with the politics scandal.
John Bunyan ( 1628 – 1688 ) is a prosaic from and for citizenry. He writting religious allegories in a simple language and idiomtic. He is an ordinary worker and has no educated but he believe to his religion and the Puritan spirit. he become a lay preacher who has an influential in the society. it can be prove by his struggle when in the prison because he against the rules to make  general meeting where is often give a criticism statement to Anglikan church and Charles government. when he in prison, he write a great work is " THE PILGRIM'S PROGRESS " that publised in 1678. it is the success work beside the obvious and the simple language. Bunyan write almost 60 work, this a great achievement.